Tips Persiapkan Biaya Sekolah Anak dari SD hingga Kuliah

Biaya pendidikan anak harus disiapkan sejak dini, bahkan mungkin ketika baru lahir. Hal ini untuk mengantisipasi kenaikan biaya pendidikan baik SD, SMP, SMA hingga kuliah setiap tahunnya.

Pada sisi lain, setiap orang tua pasti ingin memberikan masa depan yang cerah untuk anak-anaknya, salah satunya melalui pendidikan. Dilansir dari berbagai sebagai sumber, biaya pendidikan itu harus dipersiapkan, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Berikut ini penjelasannya.

Jangka Pendek

Pola manajemen persiapan biaya pendidikan anak untuk jangka pendek akan berbeda dengan yang jangka panjang. Misalnya anak sudah masuk sekolah SD atau SMP dalam waktu dua tahun ke depan.

Orang tua bisa mempersiapkannya dengan menabung dalam bentuk tabungan, deposito, atau emas. Sebab ketiga instrumen tabungan itu memiliki risiko rendah dan mudah dicairkan dalam waktu yang cepat.

Jangka Panjang

Persiapan masuk SMA dan terutama kuliah biasanya membutuhkan biaya yang lebih tinggi. Sehingga hal itu perlu dipersiapkan dalam jangka panjang.

Orang tua bisa memilih ketiga instrumen tabungan dalam jangka pendek, tetapi juga bisa memanfaatkan instrumen investasi yang bersifat jangka panjang dan memberikan imbalan yang lebih besar. Misalnya investasi di pasar modal seperti membeli saham atau reksa dana berbasis saham.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *